Prodi – PBS

SEJARAH PROGRAM STUDI PERBANKAN SYARIAH

Melihat semakin pesatnya perkembangan perbankan syariah dan semakin banyaknya kebutuhan tenaga profesional di bidang perbankan Syariah, tak terkecuali di Kabupaten Sambas maka muncul lah ide untuk membuka Program Studi Perbankan Syariah, ide tersebut muncul seiring dengan upaya pengembangan keilmuan di lingkungan Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas. Oleh sebab itu, dibentuk lah tim untuk menyusun proposal pendirian program studi baru, usaha tersebut membuahkan hasil dengan diterbitkannya Surat Keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Nomor: Dj.I/1874/2011 tentang Izin Pembukaan Program Studi pada Perguruan Tinggi Agama Islam Swasta (PTAIS) pada tanggal 28 Desember 2011 dengan dua program studi yaitu S1 Hukum Ekonomi Syariah dan D3 Perbankan Syariah dibawah naungan Jurusan Syariah dengan Ketua Prodi D3 Perbankan Syariah pertama adalah bapak Romsidi, M.S.I. Penyelenggaraan perkuliahan Prodi D3 Perbankan Syariah pertama kali pada semester ganjil tahun akademik 2012/2013 dengan jumlah mahasiswa sebanyak sembilan belas (19) orang. Kemudian berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi No. 394/SK/BAN-PT/Akred/Dpl-III/X/2014 menyatakan Program Studi Diploma Tiga Perbankan Syariah, Sekolah Tinggi Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas terakreditasi dengan predikat Akreditasi C, berlaku sejak tanggal 11 Oktober 2014 s/d 10 Oktober 2019. Dengan predikat akreditasi tersebut Prodi D3 Perbankan Syariah mengeluarkan lulusan perdana pada tahun 2015 sebanyak 11 orang.

Sejalan dengan perkembangan kampus dimana pada tahun 2014 Sekolah Tinggi Agama Islam berubah status menjadi Institut Agama Islam (IAI) dengan Nomor: 3178 tahun 2014 sehingga Jurusan Syariah berubah menjadi Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam. Kemudian pada tahun 2015 izin operasional Prodi D3 Perbankan Syariah di perpanjang dengan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor: 1504 Tahun 2015. Perkembangan selanjutnya yaitu pemekaran Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam pada tahun 2017 menjadi dua Fakultas yang salah satunya adalah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI). Hingga tahun 2020 ini Prodi D3 Perbankan Syariah berada dibawah naungan FEBI masih terus berusaha mengembangkan prodi dan telah mengeluarkan lulusan untuk yang ke enam kalinya. Pada tahun 2021 tepatnya tanggal 13 April 2021, Program Studi DIII Perbankan Syariah resmi mendapatkan Akreditasi dengan Nilai “Baik”, hal ini sesuai dengan keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi BAN-PT No. 2011/SK/BAN-PT/AK-ISK/Dipl-III/IV/2021 tertanggal 13 April 2021 sampai dengan 22 Desember 2025.

FakultasKabar BeritaLembagaOpini KampusOrganisasi MahasiswaPengumumanProdi - EKSProdi - MBSProdi - PBSProgram Studi

Mahasiswa Institut Agama Islam Sultan Muahammad Syafiuddin Sambas Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Menjadi Presidium Sidang 1 Musyawarah Nasional Forum Silaturahim Studi Ekonomi Islam di Jakarta.

Jakarta, Senin 20 November 2023. Resmi Mahasiswa Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Menjadi

Read More
AgendaAkademikFakultasJadwal PerkuliahanKabar BeritaKalender AkademikKarya DosenKarya MahasiswaKegiatanLembagaOpini KampusOrganisasi MahasiswaPengumumanProdi - EKSProdi - MBSProdi - PBSProgram StudiUnit Penjamin Mutu

MATAMA JILID III ECONOMIC DEBATE ANTAR MAHASISWA BARU FEBI IAIS TAHUN AKADEMIK

2023-2024 Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas. Telah Mengadakan MATAMA (Masa Ta’aruf Mahasiswa) Febi

Read More
Opini KampusOrganisasi MahasiswaPengumumanProdi - EKSProdi - MBSProdi - PBSProgram Studi

Sekolah Tinggi Agama Islam Mempawah (STAIM) sukses menjadi tuan rumah dalam pelaksanaan Musyawarah Regional (Mureg) ke-VI Forum Silaturahmi Studi Ekonomi Islam (FoSSEI) Kalimantan Barat Tahun 2023 yang diikuti oleh mahasiswa Ekonomi Syariah, pada 11-12 November 2023.

Artikel ini telah tayang di TribunPontianak.co.id dengan judul Muthi’ah Azmi Nadhiroh Nahkodai FoSSEI Kalbar Periode 2023-2024, Ini Harapan KSEI BEM FEBI IAIS, https://pontianak.tribunnews.com/2023/11/13/muthiah-azmi-nadhiroh-nahkodai-fossei-kalbar-periode-2023-2024-ini-harapan-ksei-bem-febi-iais.Penulis:

Read More