Prodi – MBS

SEJARAH PROGRAM STUDI MANAJEMEN BISNIS SYARIAH

Program Studi S1 Manajemen Bisnis Syariah diusulkan atas dasar ide dan hasil perjuangan para pimpinan IAIS Sambas untuk memiliki program studi yang berkontribusi terhadap peningkatan sumber daya manusia dalam bidang manajemen bisnis syariah dalam upaya pengembangan keilmuan untuk memberikan kemaslahatan masyarakat.
Seiring dengan upaya pengembangan keilmuan di lingkungan Institut Agama Islam (IAI) Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas melalui rapat senat pada tanggal 16 Agustus 2017 Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam disetujui untuk melakukan pemekaran menjadi dua fakultas. Hasil keputusan rapat senat tersebut selanjutnya ditindaklanjuti dengan Surat Keputusan Rektor Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas Nomor: 05 Tahun 2017 tentang Pemekaran Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam Menjadi Fakultas Syariah dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam tanggal 23 Agustus 2017.
Pengembangan selanjutnya dari pemekaran Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam yang sebelumnya sudah ada dua program studi yaitu prodi Perbankan Syariah dan Ekonomi Syariah kemudian diusulkan kembali prodi baru. Oleh sebab itu, dibentuklah tim untuk menyusun proposal pendirian program studi baru S1 Manajemen Bisnis Syariah pada tahun 2019 dengan penunjukkan tim pengusul diantaranya selaku Koordinator Wahab, M.M. dan selaku anggota Gustina, M.M., Munawir, S.E.I., M.M., dan Jum’an. S.E., M.M.
Usulan tersebut membuahkan hasil dengan diterbitkannya Surat Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 226 Tahun 2020 tentang izin penyelenggaraan prodi Manajemen Bisnis Syariah tanggal 9 Maret 2020 oleh Ditrektur Jenderal Pendidikan Islam Republik Indonesia. Dengan dikeluarnya izin tersebut maka bertambah 1 (satu) program studi baru lagi di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Satu Program Studi ini menambah daftar jumlah Program Studi yang ada di FEBI menjadi 3 (tiga) program studi.
Penerimaan mahasiswa baru dan pelaksanaan kuliah angkatan pertama mulai dilaksanakan pada tahun 2020 dengan tetap berorientasi pada pencapaian Visi, Misi, dan Tujuan Program Studi S1 Manajemen Bisnis Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIS Sambas. Adapun pengelola di prodi S1 Manajemen Bisnis Syariah Tahun 2020 selaku Dekan Dr. Sri Deti, S.E., M.E.I dan Wahab. M.M selaku Wakil Dekan serta selaku kaprodi Manajemen Bisnis Syariah Budiman, MM dan Sekretaris Manajemen Bisnis Syariah Gustina, MM.
Waluapun masih terbilang baru namun Prodi Manajemen Bisnis Syariah cukup diminati oleh para calon mahasiswa. Tahun pertama 2020 penerimaan mahasiswa baru, yang mendaftar berjumlah 20 orang. Tahun kedua 2021 penerimaan mahasiswa baru, yang mendaftar berjumlah 30 orang. Saat ini Program Studi S1 Manajemen Bisnis Syariah telah menerima mahsiswa dalam 2 angkatan dengan jumlah 50 mahasiswa.

AgendaOrganisasi MahasiswaPengumumanProdi - EKSProdi - MBSProdi - PBSProgram Studi

Sebanyak 25 mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas (IAIS Sambas) mengunjungi Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Aruk di Kabupaten Sambas,Kalimantan Barat (Kalbar) pada Senin, (10/6/2024) lalu. Kunjungan ini bertujuan untuk mengikuti kuliah Manajemen Perbatasan Negara.

Selama kunjungan, Kepala Sub Bidang Pengembangan Kawasan, Yul Ruminda, yang mewakili Pelaksana Tugas, Kepala PLBN Aruk, Wendelinus Fanu, memberikan materi mengenai

Read More
FakultasKabar BeritaLembagaOpini KampusOrganisasi MahasiswaPengumumanProdi - EKSProdi - MBSProdi - PBSProgram Studi

Mahasiswa Institut Agama Islam Sultan Muahammad Syafiuddin Sambas Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Menjadi Presidium Sidang 1 Musyawarah Nasional Forum Silaturahim Studi Ekonomi Islam di Jakarta.

Jakarta, Senin 20 November 2023. Resmi Mahasiswa Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Menjadi

Read More